Sebelumnya kita telah mempelajaritentang partikel は. Gimana? Latihan soalnya bisa nggak? Jika sudah bisa melakuan semua itu sekarang kita lanjutkan membahas tentang partikel が.
Kosakata
- 誰 [だれ] – Siapa [adj-no, pn]
- 先生 [せんせい] – Guru [n]
- 私 [わたし] – Aku (untuk laki-laki dalam situasi santai atau no-fomal) [adj-no, pn]
- 本 [ほん] – Buku [n]
- あなた – Kamu (Untuk orang yang sederajat atau dibawah derajat) [adj-no, pn]
Berkenalan dengan partikel が sang pengenal
Partikel が sebagai partikel pengenal atau identifier particle digunakan untuk mencari tahu topik apa yang kita bicarakan jika sebelumnya partikel は digunakan sebagai penegas atau pemberitahu topik apa yang sedang kita bicarakan. Misalnya kita akan menanyakan “siapa gurunya?” atau lebih spesifik lagi dalam bahasa Jepang “Mana yang (merupakan) guru?” .Maka kita menggunakan partikel が untuk mengidentifikasi topik yang akan kita bicarakan. Dalam bahasa Jepangnya: 「誰が先生?」 ”Siapakah gurunya?” . Nah, apabila kita ganti partikel が dengan partikel topik は maka artinya akan berubah menjadi: “Apakah siapa gurunya”. ‘Siapa’ akan menjadi topik pertanyaan sehingga pertanyaannya akan berubah menjadi menanyakan tentang ‘siapa’ apakah ‘siapa’ adalah seorang guru. Disinilah partikel pengidentifikasi digunakan. Amatilah contoh-contoh berikut!
Contoh 1:スサン        :誰が先生?
Susan        : Siapakah yang (merupakan seorang) Guru?
サンティ        :ジョノが先生。
Santi        : Jono yang (merupakan seorang)guru
Susan menanyakan siapa yang merupakan seorang guru dari beberapa orang yang ia lihat. Lalu Santi menjawabnya dengan Jono lah yang merupakan seorang guru. Namun, Santi juga bisa menggunakan partikel topik untuk jawabannya karena Santi sudah mengetahui bahwa Jono lah yang merupakan seorang guru. Maka jawabannya akan bermakna “Jono adalah seorang guru”.
Lalu, bagaimana jika kita ganti partikel が dengan partikel は pada pertanyaan yang dilontarkan Susan diatas?Pikirkanlah!
Lihatlah ke contoh-contoh berikut untuk memperjelas perbedaan partikel topik dengan partikel pengenal!
- 私が学生
Aku adalah yang salah satu merupakan murid - 私は学生
Aku adalah seorang murid
Dapat kita amati bahwa partikel が digunakan untuk mengidentifikasi subjek atau topik yang seang kita bicarakan. Lalu bagaimana dengan kalimat berikut?
ジョノは誰?
Apakah Jono adalah (seorang) siapa?
Pertanyaan tersebut salah. Karena bukan menanyakan jika menggunakan partikel topik maka pertanyaan tersebut berarti memenanyakan apakah Jono adalah siapa. Tetapi siapa disini bukan merupapakan kata tanya, tetapi merupaka sebuah kata benda bahwa Jono adalah seorang Siapa. Aneh kan? Sekarang pikirkanlah apa yang akan terjadi bila kita menganti partikel は tersebut menjadi partikel が? Pikirkanlah untuk menguji pemahaman anda! Bila yang jawabannya benar, saya yakin pasti pertanyaannya akan tidak nyambung juga. Walaupun pertanyaannya masih tidak nyambung, ini berarti anda paham dengan pelajarannya.
Untuk melihat apakah apakah jawaban anda benar, kerjakanlah dan temukanlah jawaban anda dalam latihan soal berikut!
Latihan menggunakan partikel が sebagai pengenal topik.
0 komentar:
Posting Komentar